Belum Jadi Pelanggan Newsletter?
Bergabung dengan 3000+ anggota untuk belajar cara berkembang pesat di social media, dan membangun bisnis online menguntungkan dengan modal minim — 100% Gratis!
Kami tidak akan pernah mengirimi Anda Spam
5 Hook TikTok, Reels, dan Shorts Yang Berpotensi Viral
Sangat mudah bagi viewer untuk scroll dan melewati konten yang kita buat.
Hal tersebut diakibatkan karena terlalu banyaknya konten pendek yang diupload tiap menit, bahkan tiap detik. Jumlahnya sudah tidak terhitung.
Tingkat persaingan untuk direkomendasikan algoritma sudah terlalu tinggi.
Apa yang diperhatikan oleh algoritma dalam merekomendasikan konten adalah engagement seperti like, comment, share, dan jam tayang. Untuk mendapatkan engagement tentu kita harus membuat konten yang memuaskan audiens.
Masalahnya …
Sebagus apa pun kontennya, bisa jadi percuma jika audiens memilih untuk melewatkan konten kita. Mungkin terasa kurang menarik jadi mereka skip, lalu scroll ke konten selanjutnya. Dan ini adalah masalah penting yang harus segera diperbaiki.
Untuk menangkap perhatian di platform seperti TikTok, Reels, atau Shorts:
Buat hook yang membuat audiens mau berhenti scrolling

Membuat Hook Menarik Untuk TikTok, Reels, dan Shorts
Dalam konten pendek, kita hanya punya 3 detik untuk menangkap perhatian audiens.
Ada 3 jenis hook untuk konten pendek:
- Visual
- Verbal
- Teks
Sebelum membuat kontennya, pastikan dulu kita sudah punya ide menarik untuk hooknya.
Hook untuk konten pendek itu berfungsi menyampaikan pesan “tentang apa” kepada audiens, atau berfokus pada masalah yang dialami audiens. Tapi harus harus singkat, jelas, dan memiliki value proposition.
Mari kita cek dulu 4 jenis dasar hook jenis verbal dan teks:
- Manfaat Positif. Contoh: “Cara terbaik untuk menghilangkan jerawat tanpa rasa sakit.”
- Pesan Negatif. Contoh: “Ototmu kurus terus karena cara latihan kamu salah. Ini cara latihan yang benar!”
- Pertanyaan Relate. Contoh: “Udah kerja keras tiap hari TAPI gaji gak naik-naik? Segera lakukan ini!”
- Daftar Terbaik. Contoh: “3 desa angker yang berlokasi di pulau Jawa”
Hook verbal dan teks bisa dikombinasikan agar lebih cepat ditangkap oleh audiens.
Apa pun jenis hook dasar yang digunakan, harus ada manfaat yang bisa didapat audiens. Sebelum membuat hook, pastikan topik yang dipilih cukup menarik, dan belum terlalu sering dibuat oleh para pesaing (ingat supply & demand).
Tapi agar hook menjadi lebih kuat dan menarik, kombinasikan dengan salah satu dari 5 hook visual di bawah ini:
Hook 1 – Membajak Trend
Gunakan berita, produk, atau orang yang sedang trending sebagai visual di 3 detik pertama konten.
Kita bisa mencari image, clip, atau merekam layar untuk visualnya. Cukup tampilkan antara 2-3 detik saja di awal, dan tambahkan hook jenis teks. Selain itu bisa tambahkan juga hook verbal, filter, dan sound agar menjadi lebih menarik dan unik.
Untuk yang menampilkan wajah dan memiliki green screen, bisa gunakan visual yang sedang trending sebagai background.
Seperti yang dilakukan Panji Pragiwaksono.

Ide lainnya, komentari video yang sedang viral, dan pasang videonya sebagai background.
Hook 2 – Mengagetkan
Orang lebih mau memperhatikan jika mendengar sesuatu yang menantang.
Kadang kita bisa mengagetkan viewer dengan menggunakan verbal dan teks, contohnya dengan menggunakan hook yang memiliki angle negatif.
Jenis hook non-visual yang bisa mengagetkan bisa berupa:
- Pernyataan yang menantang asumsi kebanyakan orang
- Fakta yang membantah suatu mitos
- Perspektif baru tentang topik umum atau populer
Jika hook verbal dan teks dirasa tidak cukup mengagetkan, tambahkan juga elemen visual agar hooknya lebih kuat.
Untuk ide hook visual mengagetkan:
- Tampilkan benda yang tidak umum, berbentuk aneh, atau berukuran tidak lazim.
- Jatuhkan atau dorong barang dari luar frame ke dalam frame kamera dengan cepat.
- Lompat dari luar frame ke dalam frame kamera. Gunakan jump cut, dan tambahkan sound effect agar terkesan seperti muncul tiba-tiba.
Fungsi elemen visual di sini hanya sebagai pattern interruption agar viewer mau berhenti scrolling, dan kita bisa sekreatif mungkin dalam memunculkan elemen visual yang tidak terduga.
Hook 3 – Situasi Familiar
Hook ini bisa bekerja dengan baik saat membuat konten yang merupakan solusi dari masalah yang sering dialami audiens di kehidupan sehari-hari.

Cara kerjanya:
- Shoot situasi saat seseorang berada dalam situasi yang relate dengan target audiens. Ide lainnya, tunjukkan situasi bermasalah atau “sebelum,” lalu lakukan transisi ke situasi “sesudah.”
- Tampilkan di beberapa detik awal, disertai hook verbal atau teks agar audiens bisa menangkap maksudnya.
- Untuk struktur konten, gunakan formula copywriting BAB, PAS, atau SCQA.
Taktik hook ini bisa digunakan untuk promosi produk atau sekedar memberikan tips.
Hook 4 – INI Yang Terjadi _____
Hook ini adalah hook verbal yang harus dikombinasi dengan visual.
Isi bagian _____ dengan topik, angle, atau pesan spesifik sesuai ide konten, dan sebutkan secara verbal. Sedangkan untuk visualnya, tunjukkan DAMPAK yang terjadi dari keputusan yang telah dibuat.
Dampak di sini bisa berupa situasi buruk karena telah membuat keputusan salah, atau dampak positif yang terjadi karena telah mengambil keputusan yang tepat.
Contoh:
- Ini yang terjadi pada pernikahan Anda jika booking venue kami (tampilkan visual pernikahan indah)
- Ini yang terjadi jika kamu GAGAL memahami pasangan kamu (tampilkan visual diusir oleh istri/suami)
- Ini yang terjadi jika bikin konten asal-asalan tanpa strategi (tampilkan screenshot analitik video dengan view sangat rendah — tandai angka view dengan lingkaran merah)
Hook 5 – Extreme Close-Up
Shoot suatu benda yang ada di tangan dengan ukuran extreme close-up, lalu tarik tangannya ke belakang, dan lanjut dengan hook verbal serta teks. Tambahkan juga sound effect “whoosh” biar dampaknya lebih terasa.
Alternatifnya, shoot benda yang ada di meja, lalu gunakan efek zoom out cepat yang dibarengi sound effect.
Selain menggunakan gestur dan efek yang mengagetkan, bisa juga dibuat lebih santai dengan memadukan gaya ASMR yang memuaskan. Misalnya sedang memotong sayuran, menyeruput minuman, atau menggosok suatu permukaan.
Shoot dengan ukuran extreme close-up agar tekstur terlihat jelas dan memuaskan. Pastikan suaranya terekam, dan setelah itu zoom out agar viewer akhirnya mengerti.

BONUS PDF: 25 Template Hook + AI Prompt Untuk Konten Pendek
Agar pembuatan hook untuk konten pendek menjadi cepat dan mudah, saya sudah mempersiapkan juga dokumen PDF yang berisi 25 template hook siap pakai.
25 template hook tersebut dibuat berdasarkan konten-konten yang pernah viral, dan bisa digunakan untuk niche apa saja.
Saya ikut sertakan juga prompt untuk mendapatkan tambahan template hook dari ChatGPT. Intruksi penggunaannya sudah saya sertakan juga dalama dokumen PDF tersebut.
Untuk download PDF tersebut dengan gratis: lihat postingan Instagram saya di sini.
Belum Jadi Pelanggan Newsletter?
Bergabung dengan 3000+ anggota untuk belajar cara berkembang pesat di social media, dan membangun bisnis online menguntungkan dengan modal minim — 100% Gratis!
Kami tidak akan pernah mengirimi Anda Spam